RSUD Parapat Sosialisasikan Gejala dan Pelayanan Pemeriksaan Jantung

BacariaNews

Bacaria.id, Parapat – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Parapat melakukan sosialisasi Pelayanan penyakit jantung kepada masyarakat sekitar di halaman Rumah Sakit Umum Daerah Parapat, pada hari Selasa (8/8/2023).

Dalam Sosialisasi Dokter Specialis Penyakit Jantung dr Ronaldo Simamora SP.JP FIHA menyampaikan bahwa di RSUD Parapat telah memiliki poli pemeriksaan jantung yang melayani pasien secara umum dan juga pasien melalui BPJS Kesehatan.

“Mulai bulan Juli RSUD Parapat telah memiliki layanan Elektrocardiogram (ECG), Echocardiography (USG Jantung), Treadmil Test (Uji latih beban Jantung) untuk menilai apakah pasien memilik penyakit Jantung koroner atau tidak,” ungkap dr Ronaldo.

Dilanjutkannya, Gejala Penyakit Jantung Koroner (PJK) bisa dikenal sejak awal oleh masyarakat sehingga bisa melakukan antisipasi dengan konsultasi langsung ke Dokter di RSUD Parapat.

“Nyeri/rasa tidak nyaman di dada, di substernal, dada kiri atau epigastrium, menjalar ke leher, bahu kiri, dan tangan kiri, serta punggung, juga dada Seperti tertekan, diremas – remas, terbakar atau ditusuk, Bahkan dapat disertai keringat dingin, mual, muntah, lemas, pusing melayang, serta pingsan bahkan bisa timbul tiba-tiba dengan intensitas tinggi, berat ringan bervariasi,” urai dr Ronald.

Sedangkan penanggulangan Penyakit Jantung Koroner disarankan Dokter Ronaldo harus membawa pasien ke tempat yang lebih aman dan meminta pertolongan tenaga medis seperti pertolongan bantuan hidup dasar atau resusi jantung paru oleh tenaga medis ke IGD untuk mendapatkan bantuan dan perawatan di rumah sakit.

Pada kesempatan itu sebagai wujud Bhakti Pelayanan Kesehatan RSUD Parapat, dr Ronaldo juga membeberkan akan melakukan pemeriksaan jantung gratis bagi puluhan orang yang terdata untuk memeriksa dan mengetahui gejala penyakit jantung yang diderita.

“Setelah masyarakat yang diperiksa mengetahui gejala yang diderita maka kita arahkan untuk meminta rujukan dari faskes BPJS yang digunakan agar kita bisa lakukan penanganan lebih lanjut,” ujar dr Ronaldo.

Direktur RSUD Parapat dr Jimmy Gultom turut menjelaskan bahwa Bhakti Pelayanan kesehatan serta sosialisasi saat ini merupakan pengenalam lebih lanjut layanan RSUD Parapat kepada masyarakat agar lebih mengenal dan tau apa saja yang bisa di lakukan tim medis di RSUD Parapat

Jimmy membeberkan bahwa khusus pelayanan spesial penyakit jantung di RSUD Parapat memilik 2 tenaga medis yang memiliki kompetensi medis nasional bahkan internasional, mereka adalah dr Ronaldo Simamora SP.JP FIHA dan dr Maruli Sianipar SP.JP FIHA.

Selain pelayanan penyakit jantung dikatakan dr Jimmy Gultom, RSUD Parapat juga telah menjadi RS pengampuh layanan jantung, kanker, stroke, uronefrologi, Kesehatan Ibu Anak, ketergantungan narkoba, layanan jiwa, serta menjadi pusat rujukan dari RS dari kawasan Danau Toba yang kesemuanya itu sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Selain itu Jimmy juga membeberkan bahwa RSUD Parapat telah memiliki tenaga medis dokter specialis forensik sebagai salah satu rumah sakit rujukan dari Basarnas.

Pada kesempatan itu Dia juga berpesan agar masyarakat Parapat dan sekitarnya agar SDM RSUD Parapat di pergunakan dengan maksimal.

“Kepada masyarakat, Jangan disiasiakan Fasilitas dan SDM yang ada di RSUD Parapat, manfaatkan sebaikbaiknya, silahkan datang konsultasi terhadap penyakit apa yang diderita, selain itu masyarakat jangan segan mengkritik dan memberi saran bila ada kekurangan kami demi perubahan dan kemajuan kedepannya,” harap Jimmy.

Menurutnya pelayanan yang diberikam RSUD Parapat merupakan aplikasi dalam mendukung misi Bupati Simalungun agar rakyat harus sehat dan sejahtera.

Salah seorang pasien T. Sinaga mengapresiasi kehadiran layanan penyakit jantung di RSUD Parapat.

“Kita patut bangga semakin hari RSUD Parapat menunjukkan perubahan signifikan dengan hadirnya tenaga medis spesialis sehingga kita masyarakat dan pengunjung dimudahkan dalam pengobatan tanpa harus ke Pematangsiantar atau ke Medan,” ucap Sinaga.

Selanjutnya setelah sosialisasi RSUD Parapat melakukan bhakti sosial dengan pembagian sembako kepada masyarakat yang hadir serta pemeriksaan jantung terhadap puluhan masyarakat secara gratis.