Cegah Penularan Mycoplasma Pneumonia, Dinkes Taput Imbau Warga Terapkan PHBS

BacariaNews

Bacaria.id, Taput – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) mengimbau seluruh warga untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) guna mencegah penularan Mycoplasma Pneumonia. Mycoplasma disebut merupakan penyakit penyebab pneumonia atau radang paru-paru.

“Upaya mitigasi, tidak bisa dilakukan pemerintah sendiri, melainkan harus dibarengi dengan komitmen seluruh warga, agar pengendalian pneumonia lebih optimal,” jelas Kepala Dinas Kesehatan, Alexander Gultom SKM MKM dalam keterangannya, (11/12/2023) sekaligus menanggapi Surat Edaran (SE) dari Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu, Senin (27/11/2023) lalu.

Menurutnya, ada upaya yang dapat dilakukan masyarakat untuk mengantisipasi penularan pneumonia di Kabupaten Taput. Yakni, melakukan vaksin untuk melawan influenza, Covid -19 dan patogen pernapasan lainnya jika diperlukan. Kemudian, tidak melakukan kontak atau menerapkan jaga jarak aman dengan orang yang sakit dan memastikan memiliki ventilasi yang baik serta membudayakan PHBS seperti, mencuci tangan memakai sabun antiseptik dan air mengalir.

Berikutnya, apabila merasa kurang enak badan atau sakit, sebaiknya tidak keluar rumah dan tetap menggunakan masker dengan baik serta benar. ‚ÄúSegeralah ke Fasilitas Pelayayanan Kesehatan (Fasyankes) terdekat jika ada tanda gejala, batuk atau kesukaran bernapas disertai dengan demam,” ujarnya.

Dengan respon cepat katanya, Dinkes Taput akan segera melaporkan apabila ada terindikasi kasus pneumonia sebab, seluruh jajaran Dinkes harus menghadapi penyebaran mycoplasma pneumonia meski belum ada yang terpapar.