Pemilu  

Paslon MAMA Hari Ini Diantar Ribuan Masa ke KPU Tapteng

BacariaNews

Bacaria.id, Tapteng – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI kembali membuka pendaftaran bagi calon peserta Pilkada 2024. Perpanjangan pendaftaran ditujukan bagi pasangan calon yang mendaftar tetapi ditolak oleh KPU di daerah.

“Yang sudah mengajukan tapi nggak diterima, termasuk yang tidak diterima dan mengajukan sengkgeta di Bawaslu,” ujar Ketua KPU Mochammad Afifuddin saat di wawancara Wartawan pada Kamis (12/9/2024) lalu.

Namun, Afif belum memerinci jadwal perpanjangan pendaftaran tersebut termasuk batas waktunya. Afif hanya menegaskan, penetapan paslon nantinya tetap sesuai jadwal dan dilakukan secara serentak pada 22 September 2024.

Afif juga menyebutkan dalam pendaftaran kali ini hanya dibutuhkan surat pemberitahuan dari partai politik, bukan surat persetujuan. Hal itu dilakukan guna mempermudah paslon kembali mendaftar.

Dan untuk daerah Kabupaten Tapanuli Tengah, Pasangan Bakal Calon Kepala Daerah Masinton Pasaribu – Mahmud Efendi Lubis (MAMA), akan menyerahkan dokumen persyaratan dan pencalonan ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapteng, pada hari Sabtu ini 14 September 2024.

Paslon MAMA akan diantarkan seribuan warga yang meliputi pengurus Partai Politik (Parpol) pengusung, tim pemenangan dan juga masyarakat relawan lainnya.

Sebelumnya Daniel Lumbantobing, penanggung jawab kegiatan menjelaskan, rencana pengantaran paslon Masinton-Mahmud pada Sabtu akan diwarnai pagelaran seni budaya, Batak Toba, Nias, Pesisir dan lainnya.

“Persiapan untuk itu sudah matang. Kepada rekan-rekan relawan dan juga masyarakat yang akan ikut mengantarkan Paslon Masinton-Mahmud, kita imbau untuk tetap menjaga semangat dan menjaga ke kondusifitas keamanan,” kata Daniel, Jumat (13/9/2024) sekira pukul 17:40 wib di Center Pemenangan MAMA.

Saat Konferensi pers yang dipimpin oleh Plt Ketua DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Tapteng, Sarma Hutajulu mengatakan, KPU Tapanuli Tengah telah memberi kesempatan kepada partai pengusung paslon Masinton-Mahmud, yakni PDI-Perjuangan dan Partai Buruh, untuk menjadwalkan penyerahan berkas atau dokumen ke KPU Tapteng.

“Surat pemberitahuan ke KPU Tapteng sudah disampaikan sekira pukul 12.00 WIB tadi, dan Sabtu besok kita akan datang bersama-sama ke KPU Tapteng pukul 14.00 WIB untuk menyerahkan dokumen,” kata Sarma Hutajulu didampingi Ketua Partai Buruh, Tao Junjungan Sianipar, dan Tim Paslon Masinton-Mahmud.

Ia juga berharap dukungan dari masyarakat agar proses pengantaran dokumen ke kantor KPU Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) berjalan dengan baik dan tidak ada lagi halangan atau kendala. (Job Purba)