Bacaria.id, Sibolga – Sebagai satuan kerja yang memberikan pelayanan publik kepada masyarakat, Kantor Imigrasi Sibolga terus berusaha memberikan pelayanan yang terbaik baik dari segi kualitas sarana dan prasarana maupun kualitas pelayanan khususnya yang berbasis pada HAM.
Atas usaha tersebut, Kantor Imigrasi Sibolga mendapatkan penghargaan Predikat Unit Kerja Pelayanan Publik Berbasis HAM dari Menteri Hukum dan HAM RI.
Penghargaan ini langsung diterima oleh Kepala Kantor Imigrasi Sibolga, Saroha Manullang di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, Sumatera Utara (Sumut) diserahkan langsung oleh Kakanwil Kemenkukumham Sumut, Mhd. Jahari Sitepu, Rabu (08/11/2023).
Disela kegiatan itu, Kepala Kantor Imigrasi Sibolga, Saroha Manullang mengikuti acara kegiatan Ankabut Sarpras dan Anggaran Tahun 2025 yang berlangsung dua hari, dimulai dari senin sampai selasa di Aula Kantor Wilayah Kemenkumaham Sumatera Utara.
Acara pemberian penghargaan ini dilaksanakan terpusat di Jakarta dan diikuti secara virtual oleh peserta dari Kanwil dan Satker khususnya yang mendapatkan penghargaan P2HAM tersebut.
Menteri Hukum dan Ham, Yasonna H Laoly dalam sambutan, menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas keberhasilan kepada para pihak yang telah berperan aktif dalam mendukung dan melaksanakan program pemajuan HAM di Indonesia.
“Mari kita terus tingkatkan peran aparatur dan institusi pemerintah, berkolaborasi dengan masyarakat sipil, dan seluruh komponen masyarakat, untuk senantiasa menjunjung tinggi HAM dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, semoga prestasi yang didapatkan dalam penghargaan tersebut akan lebih memacu lagi kedepannya untuk lebih meningkatkan prestasi yang lebih baik lagi agar kedepannya bisa lebih baik lagi untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing,” ujar Yasonna.
Direktorat Diseminasi dan Penguatan HAM telah melaksanakan tahapan penilaian Pelayanan Publik Berbasis HAM tahun 2023 berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) berdasarkan beberapa kategori penilaian seperti aksesibilitas dan ketersediaan sarana prasarana dan/atau fasilitas, ketersediaan sumber daya manusia atau petugas, kepatuhan petugas sesuai SOP, dan inovasi pelayanan publik.
Kepala Kantor Imigrasi Sibolga Saroha Manullang saat di konfirmasi menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diterima atas raih predikat penghargaan tersebut, dan saya juga mengucapkan selamat kepada seluruh pegawai Imigrasi Sibolga.
“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari pimpinan atas pelayanan yang kami hadirkan untuk semua kalangan. Dengan ini, komitmen Imigrasi Sibolga dalam menghadirkan pelayanan publik berkualitas tidak akan pernah surut,” ujarnya.
Kantor Imigrasi Sibolga menjadi salah satu dari tujuh dari lima puluh satu satuan kerja di wilayah Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara yang menerima penghargaan ini.
“Kantor Imigrasi Sibolga merasa bangga atas kepercayaan yang diberikan oleh Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia. Ini berkat kerja yang baik dari para pejabat Struktural dan seluruh staf Kantor Imigrasi Sibolga. Ini merupakan penghargaaan yang sangat membanggakan buat kita semua,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Sibolga, Saroha Manullang seraya menanbahkan agar melalui penghargaan ini kita semakin giat bekerja dan melakukan Pelayanan dengan ramah HAM kepada masyarakat.