Satika Simamora: Bidan Garda Terdepan Untuk Kesehatan Ibu & Anak

BacariaNews

Bacaria.id, Taput – Seminar sehari dan peringatan Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Tapanuli Utara yang ke-72 yang bertema ” Satukan Langkah Dalam Tranformasi Kesehatan Untuk Penguatan Pelayanan Kebidanan Berkesinambungan Berbasis Bukti” yang bertempat di sopo partungkoan Tarutung, dihadiri istri Bupati Taput Satika Simamora, Jumat (29/9/2023).

Ketua yayasan kanker Indonesia Cabang Tapanuli Utara, Satika Simamora selaku Istri Bupati Kabupaten Tapanuli Utara, Dr. Drs. Nikson Nababan, M.Si mengatakan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara mengucapkan selamat HUT IBI Ke 72, dan berterima kasih atas peran bidan-bidan diseluruh Indonesia khususnya di Kabupaten Tapanuli Utara. Karena selama ini telah berkorban dalam membantu menyelamatkan ibu dan anak dalam proses persalinan dengan baik, sehingga dapat menekan angka kematian Ibu dan Anak.

”Bidan itu adalah garda terdepan untuk kesehatan ibu dan anak. jika kematian ibu dan anak disuatu daerah itu turun, maka daerah tersebut bisa dikatakan makmur. Jadi percuma suatu daerah tersebut maju, namun angka kematian ibu dan anak tinggi,“ ucap Satika Simamora.

Satika juga menuturkan pada hari ini, sekian ratus bidan berkumpul untuk mendapatkan seminar dan pengetahuan terkait persalinan. Karena bidan-bidan itu harus mendapatkan pengetahuan-pengetahuan yang terbaru, karena bidan ini akan menjadi garda terdepan dalam menghadapi pasien. Pengetahuan-pengetahuan ini akan diterapkan untuk menghadapi pasien.

“Kesan saya terhadap bidan-bidan ini sangat antusias, sebagian bidan berasal dari jauh-jauh rela datang hanya untuk mendengarkan dan mendapatkan pengetahuan. Selain bidan-bidan, ada juga ibu-ibu PKK juga hadir mendengarkan arahan. Dan bidan-bidan ini pengetahuannya harus lebih gres, serta makin hari makin bertambah pengetahuannya, semoga pelayanan kesehatan Ibu dan Anak menjadi lebih baik lagi,” tutup Satika.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara, Alex Gultom, melalui Ketua IBI Kabupaten Tapanuli Utara, Berta Tambunan berharap kepada Bidan – Bidan di Kabupaten Tapanuli Utara agar lebih mengutamakan pelayanan kepada masyarakat khususnya kepada ibu dan anak dan saling menjalin kekompakkan serta kerjasama.

“Bidan adalah merupakan garda didepan dalam persalinan. Maka dari itu, saya berharap kepada bidan-bidan di Kabupaten Tapanuli Utara dapat bekerja lebih profesional, lebih mengoptimalkan pelayanannya dan selalu bekerja sama dengan bidan-bidan yang lain. Agar dapat menekan angka kematian pada ibu dan anak dalam persalinan,“ ungkap Berta Tambunan.

Dengan Peringatan HUT IBI Ke 72 ini, kedepannya bidan-bidan di Kabupaten Tapanuli Utara ini dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi persalinan Ibu, agar dapat menekan tingkat kematian yang terjadi pada Ibu dan Anak.