Daerah  

Proyek P3 – TGA, Tiga Bulan Selesai Dikerjakan Sudah Rusak

BacariaNews

Bacaria.id, Taput – Proyek pembangunan saluran irigasi dari Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) di Desa Sibalanga, Kecamatan Garoga, Kabupaten Tapanuli Utara yang baru satu bulan selesai dikerjakan, kini sudah rusak.

Proyek P3-TGAI merupakan salah satu program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, di peruntukkan untuk meningkatkan kinerja layanan irigasi demi menjaga stabilitas pertanian dan Ketahanan Pangan Nasional.

Pantauan Bacaria.id, saat melakukan monitoring di lokasi proyek irigasi, Senin (11/9/2023) saluran irigasi yang dibangun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2023 itu dibeberapa titik sudah rusak, lantai sudah kopak-kapik.

Sementara, besaran dana Rp.195.000.000 dengan waktu 90 hari kelender kerja dikucurkan kepada kelompok P3A Satolop Desa Sibalanga sebagai pelaksana pembangunan irigasi dengan swakelola.

Salah satu warga saat ditemui awak media yang mengatakan, baru 3 bulan pengerjaan proyek selesai dikerjakan, kondisinya sekarang sudah rusak. Jadi diduga dilakukan asal jadi dan tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

“Inilah proyek asal jadi, baru 3 bulan sudah rusak, drainase ini sangat dibutuhkan oleh para petani disi,” ungkap P Pasaribu.

Harapannya pihak terkait beserta pengawas agar segera turun kelokasi, agar segera dilakukan perbaikan lagi.

Hal sama disampaikan B Hasibuan, dia mengungkapkan, sudah sepatutnya pihak berwajib turun memeriksa proyek irigasi tersebut, pasalnya baru 3 bulan selesai dikerjakan, kini sudah retak dan rusak, jadi diduga dikerjakan asal jadi dan tidak sesuai dengan RAB nya.

“Kita sangat ragukan kwalitas proyek ini, karena beberapa bulan sudah rusak,” ujar Hasibuan.