Harga Ikan Laut di Pasar Alami Kenaikan, Dampak Angin dan Ombak Besar

BacariaNews

Bacaria.id, Pemalang – Beberapa jenis ikan laut di pasaran mengalami kenaikan harga, Mundhiroh pedagang ikan di depan Pasar Bojongbata Pemalang, mengaku jika sudah beberapa bulan ini harga jualannya berupa ikan laut semuanya naik, seperti ikan kakap, kerapu, udang, cumi – cumi dan simping,

“Ikan basah seperti kerapu yang tadinya 50 sekarang 60 ribu, sedangkan udang yang tadinya 60 menjadi 75 ribu dan simping semula 40 sekarang 55 ribu untuk setiap masing-masing satu kilonya,” kata Mundiroh ketika ditemui pada Rabu ( 23/8/2023 ) pagi.

Masih menurutnya, kenaikan harga ikan disebabkan karena faktor cuaca, angin dan ombak besar di lautan, sehingga banyak Nelayan tidak berangkat pergi melaut.

“Saya ambil dagangan ikan di Pelabuhan Asemdoyong, stok nya tidak banyak karena tidak banyak bongkaran ikan dari kapal nelayan,” jelasnya.

Akan tetapi walaupun harga harga ikan naik menurut Mundiroh minat pembeli tidak berkurang.

“Alhamdulillah pembeli tidak berkurang, ada yang mengeluh, tetapi saya ngambil untung tipis ngga apa-apa yang penting bisa buat kulakan (beli) lagi,” tutupnya.

Sementara ditempat yang sama, Ani (50) Seorang pembeli ikan basah mengeluhkan kenaikan harga ikan basah, ” Sudah hampir 3 bulan ini harga ikan mahal,” katanya.

Terpisah, Anggota Satpolairud Airud Polres Pemalang Aiptu Kuncoro ketika di konfirmasi lewat sambungan teleponnya terkait kondisi cuaca di laut dirinya membenarkan jika banyak nelayan tidak melaut karena faktor cuaca, “Banyak mas kapal yang tidak berangkat melaut karena ombak dan angin,” ucapnya.

Faktor cuaca seperti ombak dan angin besar buat para Nelayan masih menjadi kendala didalam mencari ikan ditengah laut, sehingga membuat sedikitnya hasil tangkapan ikan, dampaknya harga ikan basah alami kenaikan, sudah beberapa bulan belakangan ini.