Daerah  

Wabup Labusel Buka Pelatihan KPM

BacariaNews

Bacaria.id, Labusel – Bupati Labuhanbatu Selatan H Edimin yang diwakili Wakil Bupati H. Ahmad Padli Tanjung, S.Ag membuka Pelatihan Kader Pembangunan Manusia (KPM) Kabupaten Labuhanbatu selatan di Aula kantor Bupati, kamis (07/09/23).

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan H. Ahmad Padli Tanjung, S.Ag mengatakan, pelaksanaan kegiatan pelatihan Kader Pembangunan Manusia (KPM) bertujuan untuk meningkatkan peran KPM yang terdidik dan terlatih untuk mewujudkan konvergensi pencegahan stunting di desa.

Sesuai dengan peraturan Presiden no.72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting dan peraturan Kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional No.12 tahun 2021 tentang rencana aksi Nasional percepatan penurunan angka stunting Indonesia untuk ditindak lanjuti dengan peraturan Bupati Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

“Sebagai payung hukum dari semua peraturan yang menyangkut tentang prevalensi percepatan penurunan angka stunting yang akan kita sinergikan dalam pelaksanaannya, untuk itu pada kesempatan ini saya sampaikan apresiasi kepada seluruh kepala desa yang telah memiliki kader pembangunan manusia di setiap desa masing-masing,” ucap Wabup.

Adapun maksud di adakannya pelatihan kader pembangunan manusia bertujuan agar dapat meningkatkan peran KPM yang terdidik dan terlatih untuk mewujudkan konvergensi pencegahan stunting di desa melalui pemantauan sasaran rumah tangga 1.000 hari pertama kehidupan

Pada kesempatan tersebut, Wabup meminta semua pihak yang berkaitan langsung baik pada intervensi sensitif maupun intervensi spesifik lebih mengerti dengan tugas dan melaksanakan ketentuan yang di atur dalam regulasi agar Kabupaten Labuhanbatu Selatan dapat terus melakukan pencegahan-pencegahan dalam mengatasi stunting.

“Saya selaku Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan sekaligus Ketua tim percepatan penurunan stunting berharap agar pelatihan kader pembangunan manusia ini dapat diikuti dengan sebaik-baiknya supaya benar-benar memahami dan bersama-sama membangun Kabupaten Labuhanbatu Selatan ini dengan program nasional dan berbagai program lainnya,” tutupnya.