Daerah  

Lapas Rantauprapat Berikan Pembinaan Moral WBP Bersama YPMBPI

BacariaNews

Bacaria.id, Rantauprapat – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Rantauprapat menerima kunjungan dari Yayasan Pendidikan Moralitas dan Budi Pekerti Indonesia (YPMBPI)/ di zi gui, dalam rangka menjalin kerja sama untuk meningkatkan pembinaan kepribadian dan mental Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Pembinaan Kepribadian dan Mental tersebut bertujuan untuk membentuk pribadi warga binaan yang jujur, percaya diri dan bermoral. Tim YPMBPBI juga menjelaskan tentang jenis pelayanan yang akan dilakukan di Lapas. Jenis pelayanan tersebut salah satunya Kelas Pelatihan Hubungan Kehidupan Manusia.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Urusan Kepegawaian dan Keuangan, Theo Candra Siregar. beliau menyampaikan Agar setiap warga binaan antusias untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan guna untuk mendewasakan diri dan memperbaiki moralitas setiap warga binaan.

“Sebelum nya saya ucapkan terimakasih atas kunjungan dari Yayasan Pendidikan Moralitas yang meringankan langkahnya untuk hadir di Lapas Rantauprapat ini dengan tujuan yang sangat mulia yaitu untuk melatih, membina kepribadian dan moralitas setiap warga binaan yang ada di Lapas Rantauprapat ini yang nantinya sebagai modal mereka kelak saat mereka sudah bebas dan bergabung di kehidupan bermasyarakat. Maka dari itu saya minta kepada warga binaan kami yang hadir disini Agar tetap semangat dan dengan sungguh sungguh mengikuti kegiatan ini,” ungkap Theo.

Kepala Subseksi Pelaporan dan tata tertib Lapas Rantauprapat, Jack Bastian Pasaribu juga mengatakan Agar setiap warga binaan mengikuti dengan hati yang senang, sungguh-sungguh agar setiap apa yang disampaikan oleh Bapak/Ibu dari tim Pelatihan Moral ini dapat di serap dan di aplikasikan nantinya.

“Sedikit tambahan dari saya, saya minta kepada warga binaan kami khususnya yang hadir mengikuti kegiatan ini tanpa terkecuali, agar mengikuti setiap rangkaian kegiatan dengan hati yang senang, karena kalo hati kalian tidak senang atau dalam arti badan kalian disini tapi hati kalian kemana-mana, percayalah sedikit pun apa yang disampaikan oleh Bapak/Ibu tim Pelatihan ini tidak ada yang kalian serap, oleh sebab itu ikuti dengan sungguh sungguh, percayalah apa yang disampaikan oleh tim Pelatihan ini nanti nya yang akan menjadi modal kalian kelas setelah bebas nanti menjadi orang yang berguna bagi sesama,” ucap Jack.

Kalapas Rantauprapat, Jayanta Perangin-angin dilain tempat juga menyampaikan melalui kegiatan ini saya berharap setiap warga binaan menjadi lebih baik lagi, semakin percaya diri, dan bermoral.

“Saya harap dengan adanya kegiatan Pelatihan Moralitas dari Yayasan Pendidikan Moralitas dan Budi Pekerti Bangsa Indonesia di Lapas Rantauprapat memberi dampak positif dan menjadikan warga binaan yang bermoral dan berbudi pekerti yang baik nantinya,” ungkap Jayanta.

Didalam pembelajarannya, Erina Wongso sebagai guru dalam Kelas Pembelajaran pertamanya menyampaikan beberapa hal dalam pemberian salam yang baik dan benar dan juga menyampaikan apa yang menjadi tujuan hidup kita.

“Setiap orang pasti memiliki tujuan hidupnya masing masing,dengan adanya tujuan hidup, seseorang tersebut pasti akan memperjuangkan apa yang menjadi tujuan hidup mereka, Orang bisa sampai dipenjara itu kenapa?.. ya mereka la orang-orang yang tidak memiliki nilai moral dan tujuan hidup. Maka dari itu melalui kegiatan ini, saya harap Bapak-bapak sekalian sudah bisa memperbaiki diri, merubah sikap dan pola pikir dan menentukan apa yang menjadi tujuan anda sekalian. Sehingga setelah bebas nanti, anda bisa berbaur dan diterima di kehidupan masyarakat,” ucap Erina.

Kegiatan pembelajaran di ikuti oleh seluruh Kepala Kamar yang berjumlah 43 orang.