Pemilu  

Kapolres Taput Ingatkan Caleg Jangan Mengadu Domba Masyarakat

BacariaNews

Bacaria.id, Taput – Kapolres Tapanuli Utara AKBP Johanson Sianturi mengingatkan partai politik khususnya Caleg untuk tidak mengadu domba masyarakat dalam di Pemilu 2024 nanti. Semua penyelenggara Pemilu juga diminta tetap netral.

Hal itu disampaikan saat diskusi kepada penyelenggara pemilu dan perwakilan partai politik peserta Pemilu 2024, bertempat di menara lonceng Simpang 4 Kota Tarutung.

Dalam diskusi tersebut muncul beberapa pendapat penting untuk dilakukan bersama antara penyelenggara pemilu, partai peserta pemilu serta pihak kepolisian agar pemilu damai 2024 berjalan dengan damai, tentram dan kondusif. Salah satunya mengenai peran serta penyelenggara pemilu agar tetap netral menjalankan aturan yang sudah ditetapkan.

“Jangan ada kepentingan-kepentingan khusus terhadap salah satu caleg dari salah satu parpol. Diharapkan agar independensi dan netralitas penyelenggara pemilu dijunjung tinggi. Hal lain juga, para caleg jangan mengadu domba masyarakat demi kepentingan pribadi untuk mencari kemenangan,” kata Kapolres AKBP Johanson Sianturi, Jumat (17/11/23).

Pada kesempatan tersebut Kapolres menyampaikan, bahwa polri selaku tulang punggung pengamanan tidak perlu dikhawatirkan. Polri selalu netral sesuai dengan fungsinya. Dan ini sudah perintah mulai dari Pak Kapolri, Kapolda ke seluruh jajaran polri agar tetap bertindak netral.

Oleh karena itu, melalui diskusi pojok pemilu ini, apabila ada hal-hal yang sifatnya ada gangguan, setiap saat ruang publik diskusi ini akan menjadi tempat menampung aspirasi setiap kepentingan umum demi kelangsungan pemilu damai 2024.

Adapun acara ini dihadiri perwakilan dari Partai politik peserta pemilu yang hadir yaitu Ketua DPC Partai Perindo Taput Saut Matondang, Caleg PKB Royal Simanjuntak, Ketua PKB kecamatan Tarutung Herbet Robby, Ketua DPC Partai Demokrat Dapot Hutabarat, Badan Pembina Organisasi Kaderisasi Demokrat Victor Hutabarat, Bendahara Partai Perindo Save Parapat; Kader Partai Hanura Yunan Syahputra Nasution, Sekjen PSI Daniel Pangaribuan, Wakil ketua Bapilu PDIP Sotarduga Panggabean dan Sekjen Hanura Pardomuan Hutabarat.

Sedangkan dari KPU dihadiri Sekretaris Erifan Manullang, Kasubbag Perencanaan, Data Dan Informasi Metro Sibarani, Kasubag Teknis Penyelenggara Pemilu, Partisipasi Dan Hubungan Masyarakat Leo Sitorus dan Divisi Program Perencanaan dan Data serta perencanaan Darwin Manullang.